Buah-buahan Kaya Kandungan Antioksidan

Makanan kaya antioksidan mengandung vitamin, polipenol, karotin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi salah satunya terkandung dalam buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk kesehatan Anda dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi bebas. Berikut buah buaha yang kaya akan kandungan antioksidan untuk Anda ketahui.


KURMA
buah kurma kaya antioksidan

Buah kurma adalah buah yang selalu hadir disaat momen puasa. Rasanya manis, bentuknya bulat atau lonjong, warnanya kecoklatan, kehitaman, dan dia adalah buah yang sangat kaya akan nutrisi baik. Buah kurma mengandung kalium (potassium), serat, kalsium, zat besi (Fe), Vit A, B2, B12, dan Vit C, aspirin, salisilat, fosfor, sulfur, natroum (sodium), magnesium, cobalt, seng, fluorin, tembaga (Cu), mangaan, selulosa, dan karbohidrat (berupa glukosa dan fruktosa). Kandungan vitamin C nya berperan sebagai antioksidan. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin.


BUAH BERRY
buah berry kaya antioksidan
Buah-buahan yang berair tidak hanya enak, tapi juga akan membantu untuk melawan penyakit. Blueberry mungkin ukurannya kecil, tetapi manfaatnya kesehatan sangat besar. Bua beri dapat meningkatkan fungsi kognitif, sekaligus memperkuat kekebalan tubuh kita. Termasuk keluarga berri lainnya, seperti Blackberry, stroberi, raspberry dan cranberry kaya antioksidan.


BUAH PLUM
buah plum kaya antioksidan
Buah Plum ini mungkin tak begitu populer. Buah segarnya banyak tersedia di supermarket. Rasa buahnya asam manis. Buah ini selain mengandung 38% antioksidan yang jauh lebih banyak daripada bluberry, juga sangat kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh


BUAH JERUK
buah jeruk kaya antioksidan

Jeruk, mengandung Vit C yang ternyata sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang, mencegah penyakit batu ginjal, mencegah asma, membantu menurunkan kolesterol, mencegah dan menyembuhkan anemia dan lain sebagainya. Setiap 100 gram jeruk, mengandung energi 45 kkal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,2 g, fosfor 23 g, kalsium 33 g, besi 0,4 g, Vit A 190 IU, Vit B1 0.08 mg. Vit C 49 mg, serta air 87,2 g.


ANGGUR
buah anggur kaya antioksidan

Nutrisi yang terkandung pada anggur adalah artaric acid, malic acid, pectin, tanin, flavone glycosides, flavanoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C. Semakin gelap warna anggur maka semakin tinggi kandungan flavanoidnya. Flavanoid merupakan antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pembukuh darah dan mencegah penggumpalan trombosit. Resveratrol berkhasiat sebagai antioksidan yang mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah arteri. Buah anggur juga berkhasiat menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, anti kanker dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk.


CHERRY
buah cherry kaya antioksidan

Cerry akan kaya Vit C dan dapat membantu mengatur tekanan darah serta kaya akan serat pencegahan kanker. Beta karoten yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah kanker secara efektif. Selain itu , Cherry dapat juga meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi resiko infeksi pernafasan (flu dan pilek).


Kiwi
buah kiwi kaya antioksidan

kiwi memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi dibanding pepaya, jeruk, mangga, nanas, pisang dan apel. Bagi orang dewasa, mengonsumsi dua buah kiwi sehari pun mampu mencukupi lebih dari kebutuhan harian vitamin C. Buah ini juga memiliki glycaemic index yang paling rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes