Spesies Hewan Terlangka di Dunia

Berikut ini daftar hewang yang keberadaannya di alam bebas sudah sangat langka dan terancam punah. Tanpa adanya usaha konservasi yang serius ungkin tidak lama lagi hewan hewan ini akan lenyap dari muka bumi.

1. Northern Hairy-Nosed Wombat

Diperkirakan hanya terdapat sekitar 144 ekor di alam bebas. Hewan ini dapat dijumpai di Epping Forest National Park, Queensland, Australia
Northern Hairy-Nosed Wombat binatang terlangka
Northern Hairy-Nosed Wombat

2. Pygmy Three-Toed Sloth

Pygmy Three-Toed Sloth (Kukang berkuku tiga) merupakakn hewan endemik di sebuah pulau kecil di lepas pantaai Panama. Studi pada tahun 2011 menunjukan kalau hewan ini hanya terdapat sekitar 79 ekor saja di alam bebas.
Pygmy Three-Toed Sloth
Pygmy Three-Toed Sloth

3. Red-Crested Tree Rat

Tikus pohon merah jambu dari Kolombia ini sudah dinyatakan sebagai hewan yang punah selama bertahun tahun. Terakhir sekitar dua ekor ditemukan pada sebuah studi di tahun 1898. Pada tahun 2011 sekelompok relawan kembali menemukan keberadaan hewan ini di taman nasional El Dorado
Red-Crested Tree Rat
Red-Crested Tree Rat

4. Angel Shark (Squatina Squatina)

Awalnya, Angel Shark tersebar dari samudra altantik, laut mediterania, dan Laut Hitam, tapi penangkapan ikan komersial telah mengurangi populasinya secara drastis. Sekarang diperkirakan hanya dapat dijumpai di daerah Mediterania selatan dan Canary Islands.
Angel Shark  aka Squatina Squatina
Angel Shark  aka Squatina Squatina

5. Boni Giant Sengi (Elephant Shrew)

Hewan langka ini mendiami Hutan Boni-Dodori di Kenya. Habitat tempat tinggal Boni Giant Sengi semakin berkurang dengan perambahan hutan yang terus terjadi untuk dibangun pemukiman dan lahan.
Boni Giant Sengi
Boni Giant Sengi

6. Badak Jawa

Keberadaan badak jawa sudah terancam punah karena banyaknya perburuan liar untuk diambil cula nya. Cula badak sangatlah malah dan dijual seharga $30,000 di pasar gelap. Badak Jawa telah dinyatakan sebagai salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Upaya konservasi terus dilakukan untuk menyelamatkan populasi Badak Jawa dari kepunahan. Hewan ini dapat dijumpai di taman nasional ujung kulon. terdapat sekitar 40-60 ekor badak jawa yang tersisa.
badak jawa binatang terkangka di dunia
badak jawa 

7. Plougshare Tortoise (Angonoka)

Spesies kura kura paling langka di dunia, diperkirakan hanya tersisa sekitar 440 -770 ekor saja,
Plougshare Tortoise
Plougshare Tortoise 

8. Hainan Gibbon

Salah satu keluarga siamang ini hanya ada sekitar 23 saja di alam. Hainan gibbon merupakan primata paling langka di dunia, yang hidup di pulau Hainan di Laut Cina Selatan
Hainan Gibbon
Hainan Gibbon

0 Response to "Spesies Hewan Terlangka di Dunia"

Posting Komentar

Apa pendapat Anda?